Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai internet dan perkembangannya. Nah, sekarang mari kita membahas tentang software (perangkat lunak / program) yang biasa digunakan untuk mengakses internet. Teman-teman sudah mengetahui arti “Internet” bukan? Kata “Internet” merupakan kependekan dari “Interconnected Networking”, dalam bahasa Indonesia artinya jaringan yang saling terhubung. Internet berfungsi untuk menghubungkan seluruh komputer di seluruh dunia sehingga bisa memperoleh informasi baik pendidikan, pengetahuan umum maupun hiburan.

Supaya bisa berkomunikasi secara internasional digunakanlah komputer dengan semua perlengkapannya. Jika sudah ada hardwarenya, tentunya diperlukan softwarenya. Nah, software tersebut dikenal dengan nama program web client yang disebut web browser atau browser saja.

Browser, kata dasarnya adalah “browse” jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah melihat-lihat atau membaca-baca. Jadi browser merupakan suatu software/program yang dikhususkan untuk dapat mengakses dan melihat isi dari sebuah website yang kita akses di internet.

Jenis-jenis Browser

Browser yang saat ini paling banyak digunakan adalah internet explorer dan Mozilla Firefox . Selain itu browser lainnya adalah opera, netscape navigator/communicator, Arena, Lynx serta beberapa browser lainnya. Tiap-tiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang lebih unggul dalam hal tampilan yang serba 3 dimensi, ada juga yang lebih unggul dalam hal kecepatan akses, ada yang lebih unggul dalam masalah keamanan/proteksi dan dalam fasilitas-fasilitas lainnya.

Dari sekian banyak browser, ada beberapa kemiripan fungsi dan fasilitas yang diberikan. Diantaranya adalah :

  • Umumnya tiap browser menyediakan fasilitas “Address” yang berfungsi untuk mengetikkan alamat situs yang akan kita akses.
  • Umumnya mempunyai tombol-tombol : “Back” / “Previous” berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” / “Next” berfungsi untuk maju ke ke halaman berikut yang sudah pernah diakses sebelumnya, “Refresh” / “Reload” berfungsi untuk mencoba ulang akses ke salah satu websit yang kita tuju, tombol “Stop” berfungsi untuk memberhentikan proses “loading” ketika membuka sebuah website.

Tips menjelajah internet

Berikut ini beberapa tips dalam menjelajah internet di rumah maupun di warnet.

  • Untuk menghemat waktu, bukalah beberapa situs yang dicari sekaligus. Jika menggunakan browser Mozilla hal ini dapat dilakukan hanya dengan membuka satu window saja.
  • Jika menggunakan komputer di rumah, gunakanlah ISP yang bagus. Baik dari segi biaya, kecepatan aksesnya maupun pelayanannya.
  • Gunakan search engine untuk memudahkan pencarian informasi, seperti www.google.com atau www.yahoo.com atau boleh juga yang lainnya.

Ketika menjelajah isi internet (browsing) kita mungkin menemukan file (baik berupa text, gambar, ataupun video) yang ingin di download agar bisa di jalankan di PC kita. Karenanya, akan lebih baik jika pada komputer kita sudah terinstal software khusus untuk mendownload file. Fungsi dari software downloader tersebut agar ketika hubungan internet terputus, kita tidak perlu mendownload ulang dari awal. Contoh software untuk mendownload cukup banyak, di antaranya Free Download Manager, Download Accelerator, Mass Downloader dan lain-lain.

Leave a Reply